Penyebab Suara Kasar Pada Mobil Saat Dilakukan Starter


Motor Starter sangat penting sekali fungsinya di kendaraan.Jika tidak ada komponen ini maka untuk mengidupkan kendaran akan sangat sulit dan perlu dengan cara didorong.

Trouble seperti ini sangat jarang sekali ditemukan,namun bisa saja terjadi pada kendaraan baru karena memang kualitas part yang kurang bagus atau salah saat melakukan start engine.Salah dalam hal ini adalah ketika kita start engine dan engine belum hidup maka kita perlu untuk melakukan start lagi dengan cara memberi jeda beberapa saat.Jika langsung dkunci kontak diputar ke posisi star maka putaran starter dengan gigi fly wheel akan bertabrakan dan muncul bunyi abnormal.

Bunyi abnormal seperti suara " Krak " saat kendaraan di start kemungkinan ada suatu masalah di system starter engine.Karena starter menggabungkan dua buah gigi di starter motor dan gigi di fly wheel.Jika salah satu gigi rusak seperti terlihat pada gambat di atas maka saat start akan selalu muncul suara abnormal.

Bahkan jika dibiarkan secara terus menerus sebagian gigi yang tidak rusak akan rusak juga karena terjadi gesekan gigi yang rusak dengan gigi yang tidak rusak sehingga gigi yang masih baik akan aus karena gesekan saat dilakukan start.

Untuk memperbaikinya dengan cara ganti gigi pinion pada starter motor.Lihat juga pada gigi di fly wheel apakah masih dalam keadaan baik atau sudah rusak.Jika rusak sebaiknya perlu dilakukan penggantian agar waktu start engine tidak timbul suara yang abnormal.

Komentar