Penyebab Temperatur Panas Pada Kendaraan Truck Colt Diesel Canter


Kipas radiator merupakan komponen yang berfungsi untuk mendinginkan radiator dan juga engine.Kipas ini adalah menghisap udara dari depan sehingga udara luar masuk ke kisi-kisi radiator kemudian masuk kedalam engine.Hal ini yang membuat radiator menjadi dingin oleh bantuan kipas.

Engine selain didinginkan oleh coolant juga sebagian dibantu kipas dengan cara aliran udaran dari radiator mengalir dan hembusan tersebut mendinginkan engine secara tidak langsung.Mungkin banyak yang kurang mengerti dari kipas radiator ini dikarenakan kendaraan sekarang sudah menggunakan kipas radiator yang menggunakan sensor panas.

Cara kerjanya seperti ini,apabila kendaraan masih dingin kipas radiator berputar sesuai putaran mesin namun tidak kencang karena fan clucth slip.Sehingga aliran udaranya yang di hisap juga rendah.Akan tetapi setelah engine panas maka fungsi dari kipas ini menjadi satu kesatuan dan akan menghisap udara dengan kuat untuk mendinginkan radiator dan engine.

Tipe kipas seperti ini adalah fan clucth dimana didalam komponen kipas ada sebuah clutch yang di isi oleh silikon dan sensor.Jika sensor ini mendeteksi panas dan radiator maka fun clucth akan bekerja yaitu akan terkunci.Kipas akan berputar sesuai putaran mesin dan tidak terjadi slip.

Kendaraan yang sudah berjalan beberapa tahun atau mengalami kendala pada cooling systemnya maka bisa jadi fan clucth mengalami permasalahan.Silicon didalam fan clucth mengental atau bahkan habis sehingga fungsi clucth tidak bekerja dengan baik.

Dengan mengganti silicon yang banyak dijual ditoko spare part maka permasalahan tentang cooling system pada kendaraan bisa teratasi.Ini adalah salah satu permasalahan yang terjadi pada kendaraan jika trouble yang terjadi adalah tentang temperatur engine panas.

Hati-hati saat pelepasan fan clucth karena terbuat dari aluminium sehingga rawan akan retak saat kita melakukan pembongkaran.Isikan silikon secukupnya pada bagian dalam fan clutch dan biasanya saya isikan 2 botol untuk menambahkan.Jika terlalu banyak bisa jadi akan rembes karena di bagian luar juga ada oring yang berfungsi untuk mencegah kebocoran.

Bersihkan bagian luar fan clucth yang ada tembaga seperti kuningan karena merupakan sensor panas dari radiator.Biasanya sudah tertutup kotoran debu bahkan lumpur sehingga sensor tidak akan bekerja dengan baik.

Komentar